Majalah dan Jurnal Ditjen PP

Dengan memanjatkan puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, kami dapat menerbitkan Jurnal Legislasi Indonesia Volume 12 Nomor 2 Tahun 2015. Pada penerbitan ini redaksi telah berusaha untuk memilih artikel-artikel yang telah kami terima, dengan memperhatikan kaedah-kaedah yang telah ditentukan bagi suatu Jurnal Ilmiah.

Pada penerbitan Jurnal Legislasi Indonesia Volume 12 Nomor 2 Tahun 2015 ini memuat artikel mengenai: Linieritas Legislasi dan Ajudikasi Konstitusional dalam Penegakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Analisis terhadap Undang-Undang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota), Perspektif Kebijakan Daerah dalam Konteks Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Perundang-undangan Terkait, Perencanaan Legislasi Nasional Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, Penegakan Hukum di Laut Setelah Berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, Perspektif Hukum Internasional atas Pencemaran Laut yang Berasal dari Darat dan Praktek Penanganannya di Beberapa Negara, Peranan Politik Hukum dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia sebagai Sarana Mewujudkan Tujuan Negara, Reorientasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penerapan Otonomi Daerah di Bidang Pertanahan dan Penataan Ruang, Kebebasan Beragama dalam Bingkai Otoritas Negara, Inklusivitas Tindakan Afirmatif Keterwakilan Perempuan di Parlemen dan Penanganan Perkara Kekerasan dalam Rumah Tangga melalui Konsep Restorative Justice.

Pada Jurnal Legislasi Indonesia Volume 12 Nomor 2 Tahun 2015 redaksi mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Dr. Suhariyono, S.H., M.H., Bapak Agus Hariadi, S.H.,M.Hum., dan Ibu Dr. Anna Maria Tri Anggraini, S.H.,M.H. yang telah turut berpartisipasi sebagai pembaca ahli (Mitra Bestari).

Saran dan kritik pembaca guna perbaikan dan penyempurnaan isi Jurnal Legislasi Indonesia serta sumbangan pemikiran dalam bentuk tulisan dari pembaca sangat kami harapkan.