Berita/Kegiatan DJPP

Tuti Rianingrum, Kasubdit Harmonisasi Bidang Sumber Daya Manusia, Lingkungan Hidup, dan Kehutanan memimpin rapat Tim Kecil Pengharmonisasian RPerpres RTR KSN yang berlangsung pada Selasa (19/09/17).

  

Masukan Kementerian Kelautan Perikanan/KKP menjadi awal pembahasan yaitu mengenai draf peta pada lampiran yang menggambarkan wilayah pertambangan melewati wilayah sungai dan wilayah perikanan yang juga berada di wilayah pertambangan. Pembahasan ini berlanjut dengan meninjau kembali pasal 107 terkait pengaturan wilayah pertambangan dan disepakati yang diatur adalah pertambangan yang sudah mendapat izin saja sehingga nantinya bentuk gambar pada peta tidak berupa arsiran melainkan titik yang sudah jelas lokasinya. Pasal ini membuka ruang bagi pengaturan kegiatan seperti perkebunan atau perikanan dan memerlukan pembahasan lanjutan dengan Kementerian ESDM mengenai peta dan pengaturan wilayah pertambangan.

 

Terkait cagar budaya yang berada di Toraja, tim kecil dari Sekretariat Kabinet mempertanyakan tujuan dan fungsi Rperpres ini, apakah lebih pada kepentingan lingkungan atau sosial budaya, menurut tim dari Sekretariat Kabinet jika draf RPerpres ini mengatur soal cagar budaya apakah kementerian ATR sudah melakukan konfirmasi mengenai cagar budaya yang sudah ada dan mungkin ditetapkan oleh Kemdikbud.

 

Menjawab pertanyaan dari Sekretariat Kabinet, menurut Kementerian ATR, dasar penentuan cakupan wilayah adalah falsafah budaya toraja dimana mencerminkan bulan atau bulatan yang terpadu dalam kesatuan sehingga pemlihan cagar budaya hanya sekitar yang berada di bulatan itu saja sepanjang masuk dalam wilayah inti dan  penyangga.

 

Rapat berakhir dengan disepakati bersama oleh tim kecil bahwa RPerpres ini harus memasukkan cagar budaya yang lain sepanjang masih dalam cakupan deleniasi wilayah toraja namun perlu klarifikasi lebih lanjut dengan Kemdikbud dan juga perwakilan adat di Toraja karena substansi yang sudah diakomodasi dalam RPerpres merupakan hasil kesepakatan dengan pemda dan perwakilan masyarakat adat di Toraja.