Berita/Kegiatan DJPP

Direktorat Harmonisasi I Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM selesai melakukan wawancara dengan Lembaga Pers Mahasiswa ManifesT Fakultas Hukum Universitas Brawijaya mengenai Perlindungan Hukum Atlet di Indonesia pada Senin (7/8/2017). Wawancara diisi oleh narasumber yaitu Syahmardan Kasi Harmonisasi Bidang Kesejahteraan Rakyat dari Subdirektorat SDM Kelembagaan dan Kesejahteraan Rakyat.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 1 jam, narasumber menjelaskan terkait mitra pemerintah mengenai regulasi peraturan perundang-undangan atlet dan keolahragaan, yang diantaranya melibatkan Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Komisi Sepuluh DPR RI. Hubungan Kementerian Hukum dan HAM terkait mitra lainnya adalah bertugas mengatur peraturan perundang-undangan mewakili pemerintah.

Menurut Syahmardan peraturan perundang-undangan mengenai Hak Atlet Nasional dalam sistem pengaturan hukum sudah komperhensif, namun dalam implementasi perundang-undangan tersebut Kemenpora lah yang lebih berwenang. Dalam sesi wawancara juga pihak mahasiswa mengajukan pertanyaan mengenai beberapa peraturan perundang-undangan yang sekiranya dapat disempurnakan lagi untuk melindungi atlet nasional, diantaranya adalah jaminan hari tua dan kontrak sebagai atlet nasional sendiri.

Wawancara Direktorat Harmonisasi I Jenderal Peraturan Perundang-undangan dengan pihak Lembaga Pers Mahasiswa ManifesT Fakultas Hukum Universitas Brawijaya diakhiri dengan sesi foto.