Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta - Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan menghadiri Kegiatan Peningkatan Kompetensi Perancang Peraturan Perundang-undangan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (10/5/2017) bertempat di Aula Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur.

Amroe Batubara S.H., M.H. Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur membuka kegiatan tersebut dengan dihadiri sekitar 45 (empat puluh lima) orang peserta yang terdiri dari para Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, para Perancang dan Calon Perancang, dan Biro Hukum Pemerintah Daerah Provinsi serta Bagian Hukum Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan.

Dihadirkan 2 pemateri dalam kegiatan peningkatan tersebut yakni Amroe Batubara, S.H., M.H. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kalimantan Timur dengan materi "Parameter HAM Dalam Pembentukan Perda" dan Widyastuti, S.H., M.H. dengan materi "Pengharmonisasian Peraturan Daerah".

Selain itu para peserta diberikan bimbingan penyusunan perda oleh para Pembimbing Dinna Utami, SH dan Wahyu Tri Hartomo, SH berupa kegiatan mempraktekan 3 (tiga) tahapan Checklist pengharmonisasian Peraturan PUU yaitu Tahapan Segi Prosedural, Tahapan Segi Substansial, Tahapan Segi Teknikal Penyusunan seperti yang telah disampaikan pada materi sebelumnya, dengan membagi para peserta menjadi 4 (empat) Kelompok Kerja.

Adapun Raperda yang dibahas dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi ini berjudul "Rancangan Peraturan Daerah tentang Bantuan Hukum dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok".