Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta (20/3) - Bertempat di Hotel Aryaduta Tugu Tani Jakarta Pusat, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan mengadakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Penataan Regulasi dan Penegakan Hukum di Bidang Keimigrasian, 19-20 Maret 2017. Kegiatan yang dibuka Menteri Hukum dan HAM, Yasona H Laoly, dipimpin selanjutnya oleh Dirjen Peraturan Perundang-Undangan dengan mengundang beberapa narasumber seperti Prof.Machfud MD, Prof.Saldi Isra, Prof.Adjie Samekto, Dr.Zainal Arifin Mochtar, Prof.Budiman Ginting, Prof.Herowati Poesoko, Prof.Hartiwiningsih, Ferry Amsari, Ian Siagian, Andy Saputra, Dr.Ahmad Redi, Dr. Ilham, Dr. Bayu Dwi Anggono, Martin Simangunsong, Jimmy Usfunan, Refly Harun, Prof. Yenti Garnasih, Dr.Harjono. 

Dalam FGD ini membahas materi Raperpres Penataan Peraturan Perundang-undangan di bawah Undang-Undang, beberapa hal yang sangat krusial adalah Jenis instrumen. Ada pemikiran dengan Peraturan Pemerintah (PP) karena instrumen yang dievaluasi PP, sedangkan waktu tugas Tim perlu ada pembatasan hal lain yang menjadi pokok pembasan. Tentang keanggotaan Tim perlu melibatkan mantan pejabat yang memiliki pengalaman dalam bidang Peraturan Perundang-undangan sehingga unsur Tokoh Masyarakat dapat dihapus.

Dalam penunjukan Tim, Menteri Hukum dan HAM mengarahkan instrument penunjukan tim melalui Keppres berdasarkan pendelegasian dari Perpres, karena pengaturannya adalah Tim dan batas waktu penyelesaian penataan regulasi.